SELAMAT DATANG DI WEB SD N 1 SINDANG KOORWILCAM DINDIKBUD MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Ayo Sekolah Untuk Masa Depan

Sekolah Pondasi Negara

SD NEGERI 1 SINDANG

Siap berpartisipasi membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia

SD NEGERI 1 SINDANG

Menerapkan Core Value BerAKHLAK

SD NEGERI 1 SINDANG

Membentuk peserta didik yang berakhlak mulia

SD NEGERI 1 SINDANG

Selalu mengikuti perkembanagan IPTEK dalam pembelajaran

SD NEGERI 1 SINDANG

Berorientasi pada proses pembelajaran dalam segala bidang

Minggu, 12 Februari 2023

Hasil Project Kelas 6

HASIL PROJECT KELAS VI 
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Sekilas info - Berikut beberapa hasil project kelas VI SD N 1 Sindang :

menggunakan bahan dari barang bekas pakai dan dikerjakan secara mandiri oleh peserta didik


sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang keterampilan dan kerajinan

hasil dari project sangat memuaskan dan beberapa memiliki nilai jual jika lebih dikembangkan lagi

Terima kasih
Semoga Bermanfaat dan Menginspirasi

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Sabtu, 11 Februari 2023

Sambutan Kepala Sekolah

 SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH




Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SD Negeri 1 Sindang ini dapat terbit. Salah satu tujuan dari website ini adalah untuk menjawab akan setiap kebutuhan informasi dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi yang ada. Kami sadar sepenuhnya dalam rangka memajukan pendidikan di era berkembangnya Teknologi Informasi yang begitu pesat, sangat diperlukan berbagai sarana prasarana yang kondusif, kebutuhan berbagai informasi siswa, guru, orangtua maupun masyarakat, sehingga kami berusaha mewujudkan hal tersebut semaksimal mungkin. Semoga dengan adanya website ini dapat membantu dan bermanfaat, terutama informasi yang berhubungan dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan informasi seputar SD Negeri 1 Sindang.

Besar harapan kami, sarana ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak yang ada dilingkup pendidikan dan pemerhati pendidikan secara khusus bagi SD Negeri 1 Sindang.

Akhirnya kami mengharapkan masukan dari berbagai pihak untuk website ini agar kami terus belajar dan meng-update diri, sehingga tampilan, isi dan mutu website akan terus berkembang dan lebih baik nantinya. Terima kasih atas kerjasamanya, maju terus untuk mencapai SD Negeri 1 Sindang yang lebih baik lagi.

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Hormat kami,

Kepala SD Negeri 1 Sindang


Wahyu Septiani, S.Pd.SD.

Kegiatan Dharma Wanita

DHARMA WANITA : CARA MENGHILANGKAN NODA KUNYIT 
PADA TANGAN ATAU KUKU




Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Sekilas info - Kegiatan Dharma Wanita Koorwilcam Dindikbud Mrebet diselenggarakan sebulan sekali setiap tanggal 10. Petugas pelaksana setiap kegiatan dibagi per unit kerja. Dalam menjalankan tugas setiap sekolah untuk mempersipkan petugas untuk memandu rangkaian acara. Petugas tersebut terdiri dari pembawa acara, pemandu lagu atau dirigent, penceramah kultum, pembicara inti kegiatan. Pada Hari Jumat tanggal 10 Februari 2023 petugas pelaksana kegiatan Dharma Wanita Koorwilcam Dindikbud Mrebet adalah SD Negeri 1 Sindang. Untuk petugas pada kegiatan tersebut adalah Asih Utami, S.Pd.I. sebagai pemandu lagu atau dirigent, Khanifah Ayati, S.Pd.I. sebagai penceramah, Anisa Irma Swastini, S.Pd. sebagai pengisi acara dan Nur Khotijah, S.Pd. sebagai pembawa acara. Pada acara tersebut dihadiri oleh anggota dari masing-masing unit kerja dua orang. Acara berjalan dengan lancar dan tertib. Pada pertemuan kali ini SD Negeri 1 Sindang pada inti kegiatan menyampaikan mengenai tips "Cara Menghilangkan Noda Kunyit Pada Tangan". Sebagian besar ibu rumah tangga tentu tidak asing lagi dengan salah satu bumbu dapur yaitu kunyit. Curcuma atau kunyit merupakan rempah yang mudah ditemukan di negara Indonesia yang banyak digunakan untuk obat atau bumbu masakan. Setelah menggunakan kunyit seringkali menyebabkan warna kuningnya tertinggal pada tangan dan kuku. Ternyata untuk menghilangkan noda tersebut caranya sangat sederhana. 


Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan warna kuning kunyit pada tangan atau kuku :
1. Lemon

Irisan lemon pun bisa menghilangkan noda kuning di tangan dan kuku. Caranya gosok irisan lemon ke tangan sampai noda kunyit luntur. Lalu bilas dengan air.

2.Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih juga bisa menghilangkan noda di tangan karena warna kuning. Oleskan minyak kayu putih di telapak tangan, kemudian gosok-gosok tangan sampai luntur warna kuningnya.Agar tidak panas, jangan langsung cuci tangan menggunakan air.

3. Baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat memang salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kue. Fungsi baking soda dalam pembuatan kue yakni menyebabkan adonan mengembang dengan menghasilkan karbon dioksida. Namun, selain digunakan untuk membuat kue, ada sejumlah manfaat baking soda lainnya. Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bekas kunyit. Campurkan baking soda dan air, oleskan pada tangan, kemudian gosok bagian tangan yang terkena noda kunyit sampai bersih.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda kuning kunyit pada tangan atau kuku yang disampaikan pada acara Dharma Wanita Koorwilcam Dindikbud Mrebet.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih
Wassalamualaikum Warihmatulohi Wabarokatu

 

Minggu, 05 Februari 2023

Upacara Bendera Hari Senin

 UPACARA BENDERA

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Sekilas info - Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

        Upacara bendera Hari Senin tanggal 6 Februari 2023 merupakan upacara rutin setiap Hari Senin yang dimulai pada pukul 07.15 WIB. Upacara di pimpin langsung oleh ibu Asih Utami, S.Pd.I. dan diikuti oleh seluruh peserta didik SD Negeri 1 Sindang. Pada kali ini, dalam gelar upacara bendera dilakukan dengan petugas upacara bendera baru yang terdiri dari peserta didik kelas IV dan V. Pelaksanaan upacara bendera berjalan dengan tertib dan lancar walaupun masih ada beberapa catatan. Para petugas upacara dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya terlihat sudah baik. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh pembina upacara yaitu “Saya ucapkan terima kasih banyak kepada petugas upacara bendera hari ini dan menyampaikan terkait tema kedisiplinan, dengan melaksanakan upacara bendera di sekolah dapat melatih diri dan membiasakan untuk selalu disiplin diberbagai lingkungan maupun kegiatan” ujarnya di hadapan  semua dewan guru dan peserta didik SD Negeri 1 Sindang saat menyampaikan amanat pembina upacara. 

       Pelaksanaan upacara selalu memberikan dampak yang positif pada peserta didik khusunya dalam bersikap dan berprilaku yaitu pada sikap disiplin Disiplin, merupakan tindakan yang menjaga dan mematuhi anjuran yang baik dan menghindari dan menjauhi segala larangan yang buruk secara konsisten dan berkomitmen. nilai karakter ini wajib ditanamkan kepada peserta didik. Pada upacara bendera sikap disiplin menjadi hal yang mutlak. Upacara bendera menuntut peserta didik harus disiplin, baik sebagai petugas maupun peserta upacara agar upacara berjalan lancar, tertib dan hikmat. Sehingga seluruh peserta upacara dapat menyimak amanat yang disampaikan oleh Pembina upacara. Disiplin yang diajarkan dan diterapkan dalam upacara bendera diharapkan menjadi karakter pribadi semua peserta didik. Peserta didik menjadi terbiasa dengan disiplin diri, disiplin waktu dan disiplin belajar. Kedisiplinan yang tinggi kelak akan membuat siswa dapat meraih cita-citanya dengan mudah.

     Selain itu karakter kerja keras mutlak ada pada team pelaksanan upacara. Tugas berat berada dipundak mereka. Sukses tidaknya pelaksanaan upacara disuatu tempat sangat tergantung pada kerja keras pelaksananya, karena Kerja kerasdapat didefinisikan Mencurahkan segala kemampuan dan kemauan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai hasil yang diharapkan dengan tepat waktu dan berorientasi lebih pada proses dan perkembangan. Upacara bendera sebagai program sekolah dan pembiasaan peserta didik menuntut rasa tanggung jawab peserta didik baik sebagai peserta maupun petugas upacara. Yang dimaksud dengan Tanggung Jawab adalah menyadari bahwa segala hal yang diperbuat oleh dirinya bukan hanya merupakan tugas dan kewajiban bagi dirinya sendiri, namun juga keluarga, lingkungan, masyarakat, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa

Terima kasih

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Kamis, 02 Februari 2023

Senam Pagi


KEGIATAN SENAM PAGI
Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu 

Kegiatan rutin Jumat pagi SD Negeri 1 Sindang pada tanggal 3 Februari 2023 yaitu dengan melaksanakan kegiatan senam pagi yang diikuti oleh semua guru dan peserta didik. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penuh semangat dan bahagia oleh semua peserta, tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan 

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para guru dan peserta didik. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam. Berikut adalah beberapa manfaat senam yang harus kita ketahui.

  1. Meningkatkan Fungsi Jantung, gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung.
  2. Menurunkan Berat Badan, selain menjalankan program diet sehat seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Supaya lebih cepat dalam membakar lemak, sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senam.
  3. Meningkatkan Fungsi Kognitif, percaya atau tidak, senam termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.
  4. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood, manyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang mampu membuat seseorang menjadi stres. Bila stres sudah melanda, maka mood dan tingkat kreativitas seseorang akan berkurang. Hal ini dikarenakan hormon endorfin yang bekerja untuk membuat seseorang merasa lebih senang mulai berkurang. Untuk itu, diperlukanlah suatu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon tersebut. Salah satu aktivitas yang mampu meningkatkan jumlah hormon endorfin adalah senam. Bila dilakukan secara teratur, maka kondisi stres yang dialami akan berkurang yang pada akhirnya mood Anda pun akan kembali meningkat.
  5. Tidak Mudah Terserang Penyakit, manfaat senam selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah untuk terserang penyakit. Hal ini dapat terjadi karena toksin-toksin yang ada didalam tubuh akan keluar melalui keringat. Disamping itu, semua organ yang ada didalam tubuh pun akan bekerja secara maksimal.
  6. Meningkatkan Stamina, bila selama ini Anda seringkali merasakan kelehan meskipun Anda baru sebentar saja melakukan suatu aktivitas, kemungkinan besar sistem pernapasan Anda mengalami gangguan yang disebabkan adanya lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Melakukan senam secara teratur akan memperbaiki sistem pernapasan supaya dapat berjalan lebih optimal dan pada akhirnya Anda pun tidak akan mudah merasa lelah.
  7. Meningkatkan Kelenturan dan Kebugaran, gerakan-gerakan yang ada pada senam mempunyai sifat berulang-ulang yang membutuhkan koordinasi tubuh. Bila kita dapat melakukan senam dengan baik dan benar, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Terima Kasih

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Artikel Guru


Cooperative Learning Solusi Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Peserta Didik dan Pembentukan Karakter

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

       
Yogi Prananta Asianto, S.Pd.

         Peserta didik kelas VI SD Negeri 1 Sindang sangat menyukai kegiatan yang dilakukan dengan praktik secara langsung karena sebagian besar peserta didik model atau gaya belajar dengan model audio visual dan praktik. Guru sebagai fasilitator dalam rangkaian pembelajaran sangat berperan dalam menggali model atau gaya belajar dari peserta didik. Model belajar peserta didik yang diterapkan dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan bakat, minat dan potensi setiap individu peserta didik. Salah satu bentuk model belajar yang diterapkan pada kelas VI SD N 1 Sindang  yaitu model pembelajaran cooperative learning. Pada materi tema 7 mata pelajaran SBdP yaitu tari kreasi berkelompok para peserta didik sangat antusias dalam memperagakan tari kreasi berkelompok tersebut. 

     Menurut Ranuh (2008), cooperative learning atau pembelajaran kooperatif memiliki arti bersifat kerja sama atau saling membantu. Kemudia menurut Arends (2012), cooperative learning atau pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan cara berkelompok dengan keanggotaan heterogen atau disesuaikan dengan tingkat kemampuan, jenis kelamin, suku atau ras yang berbeda. Untuk tugas yang diselesaikan dengan berkelompok, peserta didik akan bekerja sama antar satu sama lain untuk memahami materi pembelajaran dan untuk mencapai tujuan bersama. 

Menurut Stahl (dalam Tukiran Taniredja, dkk, 2011:55) ciri – ciri model pembelajaran kooperatif adalah:

  1. Belajar bersama dengan teman 
  2. Selama proses belajar terjadi tatap muka antar teman 
  3. Saling mendengarkan pendapat di antara anggota kelompok 
  4. Belajar dari teman sendiri dalam berkelompok 
  5. Belajar dalam kelompok kecil 
  6. Produktif berbicara atau saling mengemukakan pendapat 
  7. Keputusan tergantung pada siswa sendiri 
  8. Siswa aktif 

  Pada dasarnya model kooperatif learning dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting yang dirangkum Ibrahim, et al. (Isjoni, 2014) yaitu:
  1. Hasil belajar akademik dalam model kooperatif meskipun mencakup beragam tujuan sosial, juga memperbaiki prestasi siswa atau tugas-tugas akademis penting lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep konsep sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan, model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan nilai siswa dalam belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar
  2. Penerimaan terhadap perbedaan individu tujuan lain model kooperatif adalah penerimaan secara luas dari orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan dan ketidak mampuannya. 
  3. Pengembangan keterampilan sosial Tujuan penting ketiga model kooperatif adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerjasama dan kolaborasi.

Gambar 1. Tari kreasi
     Dalam menggunakan model pembelajaran cooperative learning sorang guru juga harus preventif terhadap kesiapan setiap peserta didik dalam kegiatan kerja sama yang dibuat. Sehingga setiap kelompok dapat maksimal dalam melakukan kerja sama dalam mencapai tujuan bersama. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kondisi psikis setiap peserta didik, minat, potensi, minat peserta didik. Pembelajaran yang dilaksanakan dalam akan sangat meriah dan diskusi dua arah, jika terjadi kerjasama antar peserta didik maka akan membiasakan mereka dalam hal musyawarah untuk mencapai mufakat. Kegiatan seperti akan memunculkan jiwa kepemimpinan dan berani untuk menyampaiakan pendapat dengan berani menerima resiko pendapat mereka dapat diterima atau tidak dalam sebuah musyawarah. Proses kerjasama dalam kelompok kecil akan melatih keterampilan berbicara didepan banyak orang dan meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik. Selain itu melatih berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang harus diselesaikan secara bersama untuk mencapai tujuan bersama. Pentingnya pembiasaan sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi dalam suatu perbedaan sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Sehingga mereka akan tumbuh menjadi generasi yang selalu memikirkan dampak panjang dari suatu keputusan yang diambil.

   Hal tersebut sesuai dengan pendapat dari Lungdern, (1991)yang menyatakan bahwa kelebihan pembelajaran kooperatif sebagai suatu strategi pembelajaran diantaranya: 
  1. Melalui pembelajaran kooperatif siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi dapat menambah kepercayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi dari berbagai sumber, dan belajar dari siswa yang lain. 
  2. Pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide atau gagasan dengan kata-kata secara verbal dan membandingkannya dengan ide-ide orang lain. 
  3. Pembelajaran kooperatif dapat membantu anak untuk respek pada orang lain dan menyadari akan segala keterbatasan serta menerima segala perbedaan. 
  4. Pembelajaran kooperatif dapat membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar. 
  5. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan prestasi akademik sekaligus kemampuan social. 
  6. Melalui pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk menguji ide dan pemahaman sendiri, menerima umpan balik. 
  7. Pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata. 
  8. Interaksi selama kooperatif berlangsung dapat meningkatkan motivasi dan member rangsangan untuk berpikir.
Gambar 2. Tari kreasi
       Model ini sangat bagus karena komunikasi antar siswa secara informal membuat siswa cepat memahami suatu materi yang sedang dibahas. Siswa yang agak terlambat menerima materi pelajaran, dengan penjelasan temannya yang lebih pandai, akan lebih mudah menerima dan memahami materi yang sedang didiskusikan, di samping mereka juga terlatih untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain. Bagi siswa yang pandai, cara ini menjadi sarana untuk menanamkan karakter peduli, tenggang rasa, sifat berbagi, bertanggungjawab kepada teman sejawat, dan melatih kemampuan berkomunikasi. Secara tidak langsung, melalui aktivitas ini, siswa yang pandai akan memperdalam dan memperluas pengetahuannya, dia akan belajar lebih keras agar bisa lebih baik menjelaskan kepada teman di kelompoknya.

        Model pembelajaran ini sangat menunjang kebijakan zonasi karena siswa pandai tidak menumpuk pada satu sekolah, akan tetapi menyebar ke berbagai sekolah di mana siswa tersebut bertempat tinggal. Tentu ini akan mempermudah bagi sekolah untuk menerapkan model cooperative learning (pembelajaran kooperatif). Cooperative learning juga sangat ampuh untuk membentuk karakter anak kita, baik karakter moral, karakter kinerja, karakter relasional, maupun karakter spiritual (Jhonson). Pendapat bahwa sekolah/madrasah menjadi tempat menimba ilmu pengetahuan dan pengembangan karakter dapat kita praktikkan dengan baik dan nyata. Bahwa pendidikan bukan hanya mencari ilmu, tetapi juga mencetak generasi hebat, dapat kita persiapkan dengan sebaik-baiknya serta dapat realisasikan.


Penulis : 
Yogi Prananta Asianto, S.Pd.
Guru Kelas VI
SD N 1 Sindang

Wassalamaualaikum Warohmatulohi Wabarokatu


Senin, 30 Januari 2023

Data Siswa

 



DATA SISWA
SD NEGERI 1 SINDANG
TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu


Sekilas info - Berikut data siswa SD Negeri 1 Sindang :








Data tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan peserta didik yang pindah atau masuk ke sekolah. Data ini dikelola secara berkala.

Terima Kasih

Wassalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatu

Site Search

 

Artikel Terkait :

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Alamat : Sindang RT 002 / RW 001 Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Peta Lokasi :

SD NEGERI 1 SINDANG